Raising up Your Standar

Dewasa atau Kekanak-kanakan ?

Pernahkah Anda mendengar iklan yang mengatakan tua itu pasti, tetapi dewasa itu pilihan? Ada banyak orang yang secara usia sudah tidak lagi kanak­kanak, tetapi sama sekali tidak menunjukan kedewasaan. Perilakunya masih seperti anak kecil.

Salah satu pembeda antara orang yang bersikap kekanak­kanakan dan orang dewasa adalah pada hal yang memotivasi mereka melakukan sesuatu. Jika kita mengamati anak­anak, tindakan mereka dimotivasi oleh keinginan. Bila menginginkan sesuatu, tidak peduli situasi, ia akan memaksakan kehendak. Contohnya, bila ingin buang air kecil, tidak peduli tempat dan situasi, ia akan buang air kecil. Atau sering juga kita lihat anak­anak sangat ingin bermain dengan benda yang berbahaya seperti pisau. Tidak peduli bahaya mengancam, ia tetap meminta hal yang diinginkannya.

Akan tetapi, tidak demikian dengan orang dewasa. Tindakan mereka dimotivasi oleh tanggung jawab. Misalnya, sekalipun ingin memancing, tetapi karena tahu bahwa hari ini ia mempunyai tanggung jawab untuk bekerja, ia akan membatalkan keinginannya untuk memancing dan memilih pergi bekerja. Bisa saja seorang yang dewasa pergi ke club setelah bekerja untuk bersenang­senang. Namun, mereka yang bertanggung jawab memilih kembali ke rumah untuk bersama keluarganya.

Jadi, hal yang menentukan tindakan kita itulah yang akan menentukan apakah kita termasuk kanak­kanak atau orang dewasa. Ada banyak tanggung jawab dalam hidup kita, tanggung jawab sebagai suami atau istri, sebagai umat Tuhan, sebagai karyawan atau businessman, sebagai warga negara, dan sebagainya. Pada akhirnya, kitalah yang menentukan untuk menjadi dewasa atau tetap kekanak­kanakan.

Penulis : Pdt. Petrus Nawawi, MA
Penatua dan Koordinator Umum GKPB Fajar Pengharapan
Ketua Umum Majelis Pusat GKPB

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC