Surat Pastoral

MDC Bandung: Bapa yang Penuh Kasih dan Anugerah

Bagaimana kehidupan manusia jika tanpa air dan sinar matahari? Jika bumi tempat manusia tinggal tidak ada air tetapi hanya sinar matahari maka bumi ini akan menjadi padang gurun yang mematikan.

Sedangkan jika bumi ini hanya ada air tanpa sinar matahari maka bumi ini akan gelap dan sangat dingin. Jika tanpa keduanya maka tidak akan ada makhluk hidup yang dapat bertahan, termasuk manusia. Baik air maupun sinar matahari merupakan dua unsur alam yang sangat diperlukan manusia untuk hidup. Delapan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air. Sedangkan beberapa manfaat dari sinar matahari adalah pengeringan, penerangan, mengatur tata surya, membantu mengatur siklus hidup manusia dan menolong tubuh manusia untuk menghasilkan vitamin D. Selain itu sinar matahari merupakan sumber energi bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis sehingga tumbuhan dapat tetap hidup dan menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup lainnya.

Baik sinar matahari maupun air melalui hujan disediakan Tuhan kepada manusia agar manusia dapat hidup. Di dalam Matius 5:45, Tuhan Yesus berkata sebagai berikut: Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Dari Firman Tuhan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Tuhan sebagai Bapa adalah pribadi yang penuh dengan kasih dan anugerah.

Kasih dan anugrah Tuhan yang tak terbatas ditunjukkan dengan menerbitkan matahari dan menurunkan hujan bagi semua orang tanpa melihat latar belakangnya. Jika Tuhan bersedia melakukan itu bagi semua orang, apalagi bagi anak-anak yang dikasihi-Nya. Setiap kita yang menerima dan percaya kepada Kristus dijadikan Tuhan sebagai anak-anak-Nya seperti yang tertulis di dalam Yohanes 1:12 sebagai berikut: Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. Oleh karena itu hendaklah kita jangan kuatir ataupun takut di saat menghadapi masa-masa sulit karena kita tahu kita memiliki Bapa di sorga yang penuh kasih dan anugerah yang siap menolong kita.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Pdt. Jeffrey Kurniawan.

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC