Surat Pastoral

MDC Bandung: Alkitab, Tuntunan Hidup Kita

James Billington pernah melayani sebagai kepala perpustakaan terbesar di dunia yaitu Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.

Perpustakaan Kongres didirikan pada tahun 1800. Di tahun 2012, Perpustakaan Kongres memiliki lebih dari 155 juta item yang terdiri dari 25 juta buku dan materi-materi cetakan lainnya dalam 470 bahasa serta 120 juta item tambahan dalam berbagai format. Di saat James mengelola perpustakaan tersebut, James berpendapat yang lebih sulit adalah apakah yang harus dilakukan oleh bangsa Amerika dengan informasi yang begitu banyak yang terdapat di dalam perpustakaan tersebut. James juga bertanya apakah dengan begitu memiliki banyak informasi, kita dapat menjadi lebih bijak?

Apa yang ditanyakan oleh James sangatlah tepat. Apakah dengan memiliki banyak informasi khususnya di era teknologi informasi seperti saat ini kita dapat menjadi lebih bijak? Apakah di era bebas informasi melalui internet, kita dapat membuat berbagai keputusan yang tepat di dalam kehidupan kita? Tentu jawabannya belum tentu. Untuk membuat kita lebih menjadi bijak di dalam membuat keputusan tidak hanya dapat mengandalkan informasi semata. Kita perlu bimbingan dari pribadi yang Maha Tahu yaitu Tuhan melalui Roh Kudus-Nya. Cara yang terutama dari Roh Kudus untuk menuntun atau membimbing kita adalah melalui Firman Tuhan yang tertulis yaitu Alkitab. Di dalam 2 Timotius 3:16, Firman Tuhan menyatakan sebagai berikut: Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan membaca dan merenungi Firman Tuhan maka kita menempatkan diri kita untuk lebih terbuka terhadap tuntunan Roh Kudus. Di saat kita membaca Firman Tuhan, Roh Kudus menunjukkan apa yang jangan kita lakukan dan apa yang seharusnya kita lakukan. Oleh karena itu mari kita tingkatkan kepekaan kita terhadap tuntunan Roh Kudus melalui membaca dan merenungkan Firman Tuhan settiap hari.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Pdt. Jeffrey Kurniawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC