Surat Pastoral

MDC Bandung : Rintangan Dari Luar

Roald Amundsen dari Norwegia adalah orang pertama yang menjejakkan kakinya di kutub selatan, peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 14 Desember 1911. Amundsen bersama dengan timnya yang berjumlah 18 orang memerlukan waktu 99 hari untuk mencapai bagian paling selatan dari bumi, yaitu wilayah Antartika.

Mereka menggunakan 52 anjing dan memberi makan anjing tersebut dengan bangkai sesama anjing yang mati. Saat kembali dari Antartika, ekspedisi yang dipimpin Amundsen hanya menyisakan 11 anjing. Untuk sampai ke kutub Selatan, Amundsen dkk harus mampu mengatasi rintangan yang datang dari luar diri mereka. Mereka harus menyeberangi ribuan mil perairan kasar, gunung es, dan cuaca yang super dingin. Temperatur rata-rata di Antartika adalah -49 derajat Celcius, bahkan ada lapisan es yang tidak pernah meleleh sepanjang sejarah. Keberhasilan Amundsen untuk mengatasi rintangan yang datang dari luar dirinya tersebut telah membuat ia menjadi orang pertama yang tiba di kutub selatan.

Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan, adalah ungkapan yang sering kita dengar. Untuk dapat berhasil mencapai tujuan setiap orang semustinya menyadari pentingnya mengatasi rintangan yang datang dari luar dirinya. Demikian juga sebagai pengikut Kristus, kita seharusnya mampu untuk mengatasi rintangan yang datang dari luar. Rintangan dari luar dapat berupa penganiayaan, tantangan dalam memberitakan kasih Kristus, ajaran-ajaran palsu yang menyesatkan yang semuanya datang dari tipu muslihat Iblis. Firman Tuhan dalam Efesus 6:16-18a berkata demikian, "dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan." Pedang Roh yaitu firman Allah adalah senjata rohani yang akan menolong kita untuk dapat mengalahkan segala rintangan yang datang menghadang perjalanan hidup kita sebagai orang percaya. Dengan percaya kepada firman Tuhan, kita dapat melangkah dengan keberanian untuk mengalahkan setiap rintangan.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Pdt. Ir. Yusak Toto

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC