Surat Pastoral

PELAYAN YANG MEMIMPIN

Masih dalam tema ‘servanthood’, maka minggu ini fokus pembahasan kita adalah bagaimana setiap orang Kristen dipanggil melayani Kristus dengan memimpin orang lain untuk datang kepada Dia.

Ada 3 (tiga) hal penting yang perlu diperhatikan dalam panggilan tersebut, yakni:

1. PANGGILAN UNTUK MELAYANI KRISTUS (Galatia 3:11; Matius 20:28)

Kita dipanggil untuk melayani. Begitu juga, kesempatan melayani Tuhan adalah hak istimewa yang diberikan kepada kita. Yesus sendiri datang ke dunia untuk melayani. Ketika Yesus berada didunia sebagai manusia, Ia merendahkan diri-Nya tunduk pada kehendak Bapa, yang walaupun Ia sendiri adalah Allah (Filipi 2:6-8). Dan yang menakjubkan, Yesus merendahkan diri-Nya sampai pada tingkat yang paling rendah, yaitu menjadi hamba dan pelayan bagi manusia. Yesus telah mengajarkan kepada kita bagaimana melayani orang lain dengan kerendahan hati, tanpa pamrih, dan rela berkorban. Kita dipanggil melayani Kristus dengan penuh pengabdian.

2. PANGGILAN UNTUK PENUNDUKKAN DIRI KEPADA PEMIMPIN YANG DITETAPKAN KRISTUS

(Kisah Para Rasul 2:41-42; 1 Timotius 5:17) Pemimpin yang telah ditetapkan menjadi otoritas dalam hidup kita adalah sarana Allah membentuk kita. Sangat baik bagi kita untuk berada dalam penundukkan diri kepada seorang pemimpin dalam hubungan yang sehat. Penundukkan diri adalah tanda dari kerendahan hati, dan karakter perlu dibangun di atas dasar itu. Hidup dalam pimpinan otoritas tersebut juga akan menjaga komitmen kita kepada Tuhan.

3. PANGGILAN UNTUK MEMIMPIN ORANG LAIN DATANG KEPADA KRISTUS (Matius 28:19-20)

Panggilan yang tak kalah pentingnya adalah untuk memimpin orang lain datang kepada Kristus, menolong mereka agar menerima-Nya sebagai Juruselamat dan memampukan mereka untuk menjalani hidup sebagai orang Kristen. Panggilanitu begitu jelas dituliskan sebagai berikut “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku”.Kehidupan yang melayani Kristus akan berbuahkan kehidupan yang dibawa kepada Kristus melalui hidup kita. Di gereja MDC Surabaya, inilah yang diyakini sebagai proses pemuridan. Menggunakan istilah David Platt dalam buku Follow Me, “Menjadi murid Yesus berarti membuat murid bagi Yesus. Tidak ada yang menjadi penonton. Kita semua dilahirkan kembali untuk bereproduksi”.

Ketiga panggilan di atas juga merupakan desain dari kelompok Kecil. Baik secara pribadi masing-masing anggota maupun secara kelompok, kelompok kecil dipanggil untuk melayani Kristus, hidup dalam penundukkan diri kepada pemimpin yang telah Kristus tetapkan dan memimpin orang lain untuk datang kepada Kristus.

Penulis: Betuel Himawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC