Surat Pastoral

Percaya Kepada Tuhan

Tidak dapat disangkal jika kemajuan teknologi masa kini telah berkembang dengan sangat cepat. Kita mengenal istilah "sosial media" yaitu sebuah media online di mana para penggunanya dalam saling berkomunikasi dan berbagi melalui internet.

Di samping jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, yang paling jelas terlihat dari keberadaan internet di Indonesia adalah semakin banyaknya toko online. Seiring dengan berkembangnya industri Smartphone di Indonesia yang ditawarkan dengan harga yang semakin murah, pasar belanja online juga semakin meningkat jumlahnya. Pada tahun 2014 nilai belanja online di Indonesia mencapai 21 triliun rupiah dan tahun 2015 meningkat menjadi lebih dari 45 triliun rupiah dengan sekitar 7,4 juta orang Indonesia yang berbelanja di toko online. Artinya ada sekitar 7,4 juta orang Indonesia yang bersedia membayar terlebih dahulu untuk membeli barang di toko online dan mereka percaya bahwa barang yang mereka beli di dunia maya tersebut akan mereka terima di alamat yang mereka berikan. Dunia maya adalah istilah lain dari internet, dunia yang tidak jelas, buram dan semu. Meskipun disebut sebagai dunia maya tetapi semakin banyak orang Indonesia yang bersedia mengeluarkan uang untuk berbelanja di dunia maya tersebut dan pada tahun 2016 diperkirakan nilai belanja online di Indonesia akan mencapai lebih dari 68 trilliun rupiah dengan lebih dari 8,7 juta orang konsumen.

Kisah di atas mengingatkan kita bahwa kalau di dunia maya saja orang bersedia mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk berbelanja dengan jumlah yang semakin besar dan percaya bahwa barang yang mereka beli akan mereka terima terlebih lagi sebagai orang percaya kita seharusnya percaya kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan yang bersedia menolong umatNya, Tuhan yang selalu menepati janjiNya. Abraham adalah contoh dari orang yang percaya dan yang bertindak berdasarkan imannya tersebut. Dalam Ibrani 11:8 dituliskan demikian,"Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui." Abraham percaya kepada janji Tuhan, Ia bertindak mengikuti perintah Tuhan dan sebagai akibatnya Ia mengalami janji Tuhan dalam kehidupannya. Ketika kita percaya kepada Tuhan dan bertindak berdasarkan Firman Tuhan kita pasti akan mengalami janji Tuhan dalam kehidupan kita, sehingga kita akan hidup berkemenangan.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Yusak Toto Andrianto

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC