Surat Pastoral

Menjadi Penjala Manusia

Seorang anggota DPR Sumenep, Madura menyatakan bahwa meskipun pekerjaan sebagai nelayan cukup menjanjikan, tapi rupanya banyak nelayan di Kabupaten Sumenep meninggalkan profesi itu.

Banyak nelayan berbondong-bondong ke luar daerah untuk beralih profesi misalkan memulai usaha lain seperti membuka toko. Hal itu biasanya terjadi saat nelayan memasuki musim paceklik karena sulit untuk mendapatkan ikan. Tentu saja ada banyak alasan mengapa orang berganti profesi, bisa disebabkan karena kebutuhan meningkatkan taraf hidup, bisa juga dikarenakan oleh dorongan minat atau bakat.

Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes sebagaimana yang dicatat dalam kitab Injil Matius, memiliki profesi sebagai nelayan. Yesus memanggil mereka menjadi pengikut-Nya untuk melakukan tugas yang mulia yaitu sebagai penjala manusia seperti yang dicatat dalam Matius 4:19 demikian, Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Mereka berganti profesi karena dipanggil secara khusus untuk memberitakan Injil keselamatan, dan ini adalah hak istimewa. Manusia yang sederhana dan berlatar belakang biasa, dipanggil dan dijadikan sebagai alat-Nya dan dipakai-Nya untuk kepentingan Kerajaan Allah.

Panggilan untuk menjadi penjala manusia, untuk memberitakan Injil ini juga berlaku bagi kita, orang percaya yang hidup di masa kini. Ada yang menjadi penjala manusia melalui profesi masing-masing, misalnya sebagai pegawai kantor, tenaga medis, nelayan, pramuniaga, guru, dsb. Tetapi ada juga yang dipanggil oleh Tuhan untuk meninggalkan profesi lama supaya dapat berkonsentrasi melayani jiwa-jiwa yang memerlukan kasih Kristus. Tetapi apapun profesi kita, sebagai pengikut Kristus semua kita dipanggil-Nya untuk menjadi penjala manusia. Kehidupan kita sebagai orang percaya akan produktif kalau kita melakukan kehendak-Nya dengan menjadi penjala manusia.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Yusak Toto

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC