Surat Pastoral

Jagalah Hati

Akhir-akhir ini, kesadaran untuk menjaga kesehatan di tengah masyarakat cukup meningkat. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka.

Paling tidak ada tiga hal umum yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka yaitu berolahraga, makan makanan yang sehat dan beristirahat yang cukup. Untuk berolahraga dan makan makanan yang sehat acapkali memerlukan biaya, waktu dan kedisiplinan. Apalagi ditambah dengan pemeriksaan rutin ke laboratorium kesehatan dengan maksud untuk memastikan bahwa tubuhnya tidak memiliki masalah kesehatan yang serius. Jika ditemukan masalah kesehatanpun, mereka langsung berkonsultasi ke dokter agar dapat ditangani segera.

Memang berbagai cara dilakukan orang untuk menjaga kesehatan jasmani, termasuk diri kita. Perhatian kita di dalam menjaga kebugaran tubuh jasmani, membuat kita rela mengeluarkan uang dan waktu kita. Meskipun begitu, sayangnya kita seringkali lalai di dalam menjaga hati kita. Padahal hati merupakan inti dari kehidupan manusia. Di dalam hati inilah, kita dapat berkehendak, berperasaan dan berpikir. Di dalam Amsal 4:25, Firman Tuhan menyatakan sebagai berikut: Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Dari Firman Tuhan tersebut kita dapat menyimpulkan betapa pentingnya pikiran kita yang merupakan bagian dari hati kita di dalam menentukan kehidupan kita. Tanpa pola pikir yang benar sulit bagi kita untuk memiliki kehidupan yang maksimal. Bukan itu saja, pola pikir yang benar akan menolong kita untuk memiliki masa depan yang indah. Pola pikir yang benar hanya dapat dibangun melalui Firman Tuhan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk setiap hari membaca, mempelajari dan merenungkan Firman Tuhan serta melakukannya di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Jeffrey Kurniawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC