Berita Kristen

  • You are here:  
  • Home
  • Berita
  • Berita Kristen
  • Arkeolog Klaim Temukan Gerbang-gerbang Benteng Raja Salomo yang Tercatat di Alkitab Loh!

Arkeolog Klaim Temukan Gerbang-gerbang Benteng Raja Salomo yang Tercatat di Alkitab Loh!

Para arkeolog tampaknya tak henti membongkar misteri-misteri Alkitab yang sudah terkubur selama ribuan tahun. Kalau sebelumnya para arkeolog mengklaim menemukan tulang belulang, papirus kuno dan juga jejak kaki Allah yang ditemukan di sekitar Sungai Yordan. Belakangan ini, arkeolog mengklaim temukan gerbang-gerbang benteng Raja Salomo yang dicatat dalam Alkitab.

Paul Lagno, salah satu mahasiswa Alkitab yang ikut dalam tim penggalian di Taman Alkitab Tamar, yang berlokasi di wilayah bagian selatan Israel, menyampaikan kepada Breaking Israel News kalau penemuan ini membuktikan isi Alkitab.

Taman Alkitab Tamar adalah salah satu situs arkeologi tertua dan yang paling unik di bagian selatan Israel. Menurut organisasi Blossoming Rose, yang fokus menjaga barang-barang antik di Israel mengatakan taman itu seluas 55 hektar itu adalah oasis padang pasir yang sangat penting bagi perdagangan dunia.

Lagno, yang pernah bekerja di Blossoming Rose ini meyakinkan kalau penemuan ini dapat dipastikan kebenarannya. Pasalnya, para arkeolog yang bekerja di Israel rata-rata berasal dari dunia sekuler. Tapi merekalah yang menamai taman itu sebagai ‘Taman Alkitab Tamar’. Karena di sana mereka menemukan bukti-bukti nyata yang sangat korelasi dengan yang tertulis di Alkitab.

“Alkitab berkata bahwa Salomo membangun sebuah benteng di padang pasir,” kata Lagno.

Dia juga menegaskan, penemuan ini menunjukkan semua kehebatan gerbang Salomo dan semua keunggulan kota kaya raya yang ditulis dalam Alkitab seperti tertulis dalam 1 Raja-raja 9: 18-19. Sebagai buktinya, dia pun menjelaskan soal reruntuhan mezbah di luar gerbang. Reruntuhan itu sangat identik dengan catatan di Alkitab dalam 1 Raja-raja 13: 3, “Pada waktu itu juga ia memberitahukan suatu tanda ajaib, katanya: "Inilah tanda ajaib, bahwa TUHAN telah berfirman: Bahwasanya mezbah itu akan pecah, sehingga tercurah abu yang di atasnya.””

Mezbah itu tercatat dihancurkan oleh Raja Yosia (1 Raaj-raja 13: 2).

Dengan itu Lagno meyakinkan semua orang bahwa temuan itu cukup banyak berbicara soal agama Yahudi dan juga dasar-dasar iman Kristen. Mungkin hal itulah yang jadi alasan Allah benar-benar memilih bangsa Israel dan memberkatinya.

“Semua orang yang terhubung dengan Blossoming Rose percaya kalau Tuhan memberkati Israel, Yahudi, dan bangsa-bangsa Israel. Dan sekaranglah saatnya untuk memilih Israel, secara historis dan bersifat nubuatan,” ucapnya.

Sekalipun begitu, penemuan ini tetap saja mengundang kontroversi di kalangan arkeolog lain. Arkeolog Dr. Tali Erickson-Gini, seorang ahli arkeolog yang bekerja di Israel Antiquities Authority (IAA) mengatakan tidak setuju dengan penjabaran Lagno. Dia yakin betul bahwa temuan itu sudah berusia jauh lebih lama dari jaman pemerintahan Raja Salomo. Dia juga membantah kalau mezbah itu dihancurkan oleh Raja Yosia.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC