Raising up Your Standar

Hati yang Baik

Kita tidak bisa melihat hal yang ada dalam hati manusia. Namun demikian, kita bisa mengetahui hal yang ada dalam hati orang,

yaitu melalui perkataan dan perbuatannya. Hati adalah sumber dari karakter. Hal yang memancar dari hati melalui perkataan dan perilaku akan menunjukkan manusia seperti apakah kita sesungguhnya.Jika ada orang yang suka membicarakan orang lain, berdusta, menjelek­jelekkan orang, kita bisa mengetahui karakter seperti apa yang imiliki orang tersebut.

Demikian juga, apabila kita bertemu dengan orang yang berkata­kata membangun, memberikan dorongan, berkata benar dan positif kita juga tahu karakternya seperti apa. Jangan percaya pada orang yang bisa mengkhianati teman untuk Anda. Jangan percaya pada orang yang meninggalkan istrinya untuk Anda karena suatu saat nanti Anda pun akan ditinggalkan.

Apabila perilaku kita tidak sama dengan perkataan, misalnya kita berbicara manis dan baik,tetapi berperilaku tidak benar, segera orang bisa mengenali karakter yang kita miliki. Tidak pernah ada karakter baik yang lahir dari hati yang tidak baik. Tidak ada bau harum yang dihasilkan oleh tikus yang sudah membusuk. Sebaliknya, hati yang benar dengan sendirinya akan melahirkan karakter yang mulia.

Memang orang tidak bisa melihat hal yang ada dalam hati kita, tetapi mereka bisa mendengar dan melihat tindakan yang keluar dari hati kita. Sama seperti pohon, kita bisa mengenalinya dengan melihat buahnya. Demikian pula hati seseorang, bisa kita lihat melalui tindakannya.

Penulis : Pdt. Petrus Nawawi, MA
Penatua dan Koordinator Umum GKPB Fajar Pengharapan
Ketua Umum Majelis Pusat GKPB

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC