Surat Pastoral

MDC Surabaya: Gereja Yang mengutus

Allah memiliki rencana besar dengan kehidupan setiap orang percaya. Kerinduan Tuhan adalah memberkati kita dan berkat yang diberikan kepada kita dimaksudkan agar kita menjadi berkat bagi semua kaum di muka bumi, sehingga mereka akan memuliakan Allah kita.

Janji Allah dan tujuan-Nya - Allah berinisiatif memberikan mandat-Nya dalam bentuk sebuah janji kepada Abraham tentang tanah kediaman, keturunan dan janji mengenai berkat. Tuhan memilih seorang pria dan keluarganya supaya melalui mereka, seluruh kaum di muka bumi diberkati. “Berfrmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 12:2Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 12:3Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat “ (Kejadian 12:1-3). Janji Allah kepada Abraham ini, menyingkapkan tujuan Allah bagi seluruh bangsa. Ini berbeda dengan “Injil Kemakmuran”. Injil kemakmuran memandang berkat Tuhan itu sebagai upah karena melakukan prosedur iman dengan baik. Seharusnya orang Kristen memandang dirinya sebagai alat berkat Tuhan kepada bangsa-bangsa. Seharusnya orang Kristen mengerti kerinduan Allah, yaitu agar kemulianNya dinyatakan di segala bangsa. Dan yang pada akhirnya, bangsa-bangsa yang melihat kemuliaan Allah, mereka akan menyembah Allah yang hidup

Keturunan Abraham dan gereja - Bermula dari Abraham dipanggil : diberkati untuk menjadi berkat. Seluruh Alkitab berbasis pada misi ini. Dimulai Kejadian 12, kemudian dikaitkan dengan Galatia 3:26-29; “3:26Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. 3:27Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. 3:28Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. 3:29Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah”

Kita, Gereja Tuhan, memiliki tujuan. Dan Allah mau supaya kita (gereja) sebagai keturunan Abraham mengetahui tujuan ini, untuk menjadi berkat. Ini adalah harapan dan janji yang besar. Kita diberkati untuk menjadi berkat bagi banyak bangsa. “Seluruh kaum di muka bumi diberkati”, merupakan pengungkapan hati Allah yang missioner, visi Allah yang global, tidak sempit dan picik. Untuk itu, kita perlu menjadi orang Kristen (gereja) yang global dengan visi yang global. Kita tidakpernah dipanggil untuk memiliki sikap bermusuhan, menghina, bahkan bersikap mengabaikan pada siapapun yang berwarna kulit atau berbudaya berbeda

Gereja bagi segala bangsa – Janji Tuhan kepada Abraham mengalami penggenapan lanjutan di dalam Kristus dan Gereja-Nya. Kitalah, Gereja-Nya, adalah keturunan Abraham melalui iman, dan seluruh kaum di muka bumi akan diberkati hanya jika kita pergi memberitakan Injil kepada mereka. “Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati” (Galatia 3:8).

Janji ini sedang menuju kepada penggenapan terakhir, atau nasib akhir dari semua orang yang telah ditebus menjadi milik Kristus. Penggenapan terakhir ini dinyatakan di dalam kitab Wahyu 7:9; “Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. 7:10Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!".

Gereja menjadi berkat bagi segala bangsa, suku, kaum dan bahasa. Kiranya Allah menolong kita dalam memainkan peran utama dalam tujuan global-Nya. Kiranya Allah menolong kita untuk tidak melupakan janji-Nya; “olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat”, yang telah digenapi dari generasi ke generasi, dan yang sekarang sedang menuju kepada penggenapannya yang terakhir.

Penulis: Pdt. Handono S

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC