Surat Pastoral

MDC Bandung : Hal yang Hakiki

Suatu kali saya memiliki teman dari luar kota yang berkunjung ke rumah kami. Yang bersangkutan menginap semalam di rumah kami. Keesokan harinya teman saya akan kembali ke kota asalnya dengan pesawat. Sayapun mengantarkan teman saya itu ke airport di Jakarta.

Kamipun berangkat lebih awal supaya tidak terlambat karena lalu lintas di Jakarta seringkali padat dan macet. Namun di saat mencapai airport di Jakarta, ternyata tiket pesawat teman saya tertinggal di rumah saya. Tanpa tiket pesawat tersebut teman saya tidak dapat kembali ke kotanya. Akhirnya dia membeli tiket pesawat yang baru agar dapat kembali ke kota asalnya. Singkat kata, tiket pesawat merupakan hal yang hakiki yang perlu dibawa untuk dapat menggunakan pesawat.

Ketika kita melakukan suatu perjalanan maka kita seringkali memerlukan hal-hal hakiki atau hal-hal yang mendasar yang harus kita miliki atau bawa. Jika kita melakukan perjalanan di dalam negeri dengan menggunakan pesawat maka kita harus memiliki tiket pesawat dan membawa tanda pengenal. Jika kita melakukan perjalanan ke luar negeri dengan pesawat maka kita harus memiliki tiket pesawat dan membawa passport. Demikian juga ketika kita menjalani kehidupan kita sebagai pengikut Kristus maka kita memerlukan Firman Tuhan sebagai hal hakiki yang mutlak kita miliki. Salah satu fungsi Firman Tuhan yang hakiki bagi perjalanan hidup kita adalah sebagai pelita dan terang. Hal ini tertulis di dalam Mazmur 119:104-105 sebagai berikut: Aku beroleh pengertian dari titah-titah-Mu, itulah sebabnya aku benci segala jalan dusta. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Peranan Firman Tuhan sebagai Pelita dan Terang di dalam perjalanan hidup kita adalah untuk menuntun kehidupan kita. Tuntunan Firman Tuhan akan menolong kita untuk semakin hari semakin serupa dengan Kristus.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Pdt. Jeffrey Kurniawan

 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC