Surat Pastoral

MDC Bandung : Menyatakan Kesalahan

Salah satu acara reality show televisi yang menarik adalah Kitchen Nightmares yang menampilkan juru masak kelas dunia yaitu Gordon Ramsay. Di acara tersebut, misi dari Gordon Ramsay adalah mengunjungi sebuah rumah makan yang hampir tutup atau hampir bangkrut dan berusaha menolong pemilik rumah makan untuk dapat bangkit dari kegagalan.

Salah satu hal penting yang dilakukan oleh Gordon adalah mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di rumah makan tersebut. Sebagian besar masalah-masalah yang timbul ternyata akibat dari berbagai kesalahan yang dilakukan baik oleh pemilik rumah makan maupun juru masak yang bekerja di sana. Namun yang menarik adalah banyak para pemilik rumah makan atau jurumasak yang tidak menyadari kesalahan mereka.

Kunci untuk mengalami perubahan adalah menyadari kesalahan yang kita lakukan. Tanpa menyadari kesalahan yang kita lakukan maka kita akan terus menerus melakukan kesalahan yang sama. Akibatnya hidup kita tidak akan berubah dan mengalami kemajuan. Di sinilah pentingnya peranan Firman Tuhan sebagai api dan air yang mengubah hidup kita. Di dalam 2 Timotius 3:16, Rasul Paulus menjelaskan kepada Timotius tentang pentingnya peranan Firman Tuhan tersebut sebagai berikut: Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Firman Tuhan mengubah hidup kita dengan menyatakan kesalahan-kesalahan kita melalui Roh Kudus di saat kita membaca Firman Tuhan. Namun sayangnya kita seringkali mengabaikan kesalahan yang ditunjukkan oleh Firman Tuhan serta cenderung menyalahkan orang lain atau keadaan di sekitar kita. Oleh karena itu di saat kita membaca Firman Tuhan, marilah kita membuka hati kita dan mengijinkan Firman Tuhan melalui Roh Kudus menyatakan kesalahan-kesalahan kita sehingga kita menyadari kesalahan-kesalahan kita dan bertobat darinya. Hanya dengan demikian hidup kita dapat berubah dan semakin serupa dengan Kristus.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Pdt. Jeffrey Kurniawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC