Surat Pastoral

MDC Surabaya: Allah dipihak Kita

Kita telah mengetahui bahwa Allah yang kita sembah adalah Ia yang adil dan tegas, mulia dan kudus. Situasi manusia yang telah jatuh dalam dosa menyebabkan noda dan cela yang mengganggu relitas kekudusan Allah. Dalam kondisi tersebut, Allah berinisiatif untuk memulihkan relasi yang telah rusak akibat dosa.

Ayat Bacaan: Roma 8:31-39; Roma 5:8-10

Melalui penebusan Yesus Kristus di kayu salib, membuat relasi manusia dengan Allah menjadi pulih dan sekarang kita orang percaya ada di pihak-Nya. Sejak itu kita memiliki sebuah kepastian bahwa apapun yang terjadi Allah sedang bekerja untuk kebaikan kita dan Ia sedang berdiri di pihak kita (Roma 8:28). Allah tidak akan menahan apapun yang baik dari diri umat-Nya.

Bukan berarti bahwa hidup akan selalu mudah dan tanpa pergumulan, tapi keberpihakan Allah akan diwujudkan ke dalam dua hal pokok, yaitu:

1. Membela kita dari tuduhan dosa yang membebani. Setiap kita punya dosa di masa lalu, dan Allah tidak sekadar mengampuni dosa tersebut, tapi juga membela kita sebagai milik-Nya. “Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita” (Roma 8: 33-34).

Allah menjadi pembela kita saat dosa-dosa masa lalu mengejar dan membebani kita dengan tuduhan. Yesus Kristus telah menyelesaikan semua hukuman dosa bagi kita, sehingga kita tidak perlu lagi hidup dalam tuduhan.

2. Kasih yang kekal, sehingga kita dapat memastikan bahwa Allah selalu bekerja dibalik segala sesuatu yang kita alami untuk membawa kita pada jalan-jalan kemenangan-Nya. “Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? (Roma 8: 35).

Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah. Apapun yang kita alami, kita dapat meyakini bahwa kita adalah orang-orang yang menang karena Allah sedang bekerja di balik segala sesuatu dan Ia sangat mengasihi kita.

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC