Surat Pastoral

MDC Jakarta : THE YEAST

Ragi atau fermen merupakan zat yang menyebabkan fermentasi. Ragi biasanya mengandung mikroorganisme yang melakukan fermentasi dan media biakan bagi mikroorganisme tersebut.

Media biakan ini dapat berbentuk butiran-butiran kecil atau cairan nutrien. Ragi umumnya digunakan dalam industri makanan untuk membuat makanan dan minuman hasil fermentasi seperti acar, tempe, tape, roti, dan bir.

Alkitab juga menggunakan kata “ragi” untuk menggambarkan sesuatu yang memberi pengaruh terhadap sesuatu. Yesus mengingatkan kita harus berhati-hati terhadap ragi orang Farisi dan Saduki (Matius 16:6) dan juga ragi Herodes (Markus 8:15). Ragi Farisi dan Saduki adalah ajaran-ajaran agamawi yang bertentangan dengan Firman Tuhan, sedangkan ragi Herodes adalah keduniawian yang bertentangan dengan kekudusan Tuhan dalam kehidupan orang percaya. Kedua ragi ini sangat berbahaya apabila mempengaruhi kehidupan murid-murid Yesus. Kita pun harus waspada terhadap kedua ragi ini, karena ragi ini dapat masuk secara perlahan dan mempengaruhi kerohanian orang percaya. Sebaliknya, Tuhan ingin agar “ragi” Kerajaan Surga dapat disebarkan dan mempengaruhi dunia ini melalui kehidupan orang percaya, agar dunia ini terhindar dari proses pembusukan yang sedang terjadi.

Di dalam hidup saya dan Saudara terdapat “ragi” kerajaan Surga yaitu Kebenaran dan Kesaksian yang punya kuasa mempengaruhi dunia ini. Mari Saudara, jadikan hidup kita berdampak bagi orang di sekitar kita, Roh Kudus sudah memberikan kuasa kepada kita semua untuk menjadi Saksi-Nya, di Yerusalem, Yudea, Samaria dan sampai ke ujung-ujung bumi. Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Tonny Swardi

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC