Surat Pastoral

PERCAYA TANPA MELIHAT

Dalam surat 1 Petrus 1:1-25 menegaskan kepada kita bahwa keselamatan hanya ada dalam Yesus Kristus (1: 20), dan kelahiran baru diberikan oleh Allah melalui firman-Nya(1:23). Itulah sebabnya beriman hanya didapati melalui Yesus Kristus sebagai perantara (1:21). Paling tidak ada tiga hal utama dalam memahami tentang kelahiran kembali;

Ayat Bacaan 1 Petrus 1: 8-9; 2 Korintus 5: 7

Pertama, kelahiran kembali yang kita dapatkan hanya melalui percaya

Namun pada akhirnya Ayub mengalami pemulihan yang luar biasa. Tuhan kembali memberikan keturunan, mengembalikan kekayaannya dua kali lipat dari sebelumnya. Namun, bagaimana cara Ayub dipulihkan, itu yang seharusnya kita pahami dan pelajari agar kita juga dapat mengalami pemulihan:

Kita dapat mengalami kelahiran kembali karena kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, walaupun kita tidak melihat- Nya namun kita percaya. Apa yang telah dilakukan-Nya di kayu salib untuk menebus dosa manusia memungkinkan kita memiliki jalan pendamaian antara kita dengan Allah. Itulah sebabnya mempercayai semua karya Allah bagi kita bukan karena kita telah melihatnya, namun karena kita percaya (2 Korintus 5: 7).

Kedua, kelahiran kembali merupakan dasar dari kehidupan yang diubahkan.

Salah satu karunia terbesar yang Tuhan berikan dalam hidup kita adalah keselamatan di dalam Yesus Kristus. Melalui-Nya, jalan ke surga terbuka kembali. Betapa banyaknya orang yang dibelenggu oleh dosa, menginginkan perubahan dalam hidupnya namun tidak mampu melakukannya. Karena cengkraman dosa yang begitu kuat dalam kehidupan mereka. Hukum dosa seperti hukum gravitasi, “suatu benda yang dilempar ke atas akan jatuh, dan jatuh lagi.” Mereka yang hidup dalam dosa, ingin berubah, namun jatuh lagi. Tetapi pintu keselamatan yang dibuka oleh Yesus Kristus membuat orang dapat mengalami perubahan demi perubahan, sampai orang tersebut dapat memiliki kehidupan yang Tuhan inginkan.

Ketiga, kelahiran kembali menghasilkan kehidupan dipenuhi oleh kebahagiaan

Keselamatan bukan sekadar membawa perubahan mendasar dalam hidup kita, tetapi lebih dari padanya membawa kita kepada kebahagiaan. Pintu keselamatan itu memungkinkan kita yang telah memiliki keselamatan dalam Kristus mempunyai hidup yang berkualitas, sehingga walaupun kita masih hidup di dunia dan belum sampai ke surga, kita mampu memiliki kehidupan dengan kualitas surgawi (1 Petrus 1: 8).

Penulis:Andreas Rahardjo - MDC Surabaya

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC