Raising up Your Standar

Seberapa Tuakah Anda?

Produktivitas manusia sering kali dikaitkan dengan usianya. Dunia sering mengatakan, “Semakin tua seseorang, semakin rendah produktivitasnya. Semakin muda seseorang, semakin besar produktivitasnya.” Tentu saja pernyataan ini sama sekali tidak benar. Banyak orang melakukan hal­hal yang besar sekalipun usianya sudah tua.

Norman Vincent Peale masih tetap melakukan kegiatan yang biasa ia lakukan selama puluhan tahun. Ia tetap berceramah, bepergian ketika usianya menjelang 90 tahun. John Wesley, seorang pengkhotbah terkenal, masih tetap berkhotbah setiap hari ketika usianya 88 tahun. Benjamin Franklin menulis autobiografinya ketika usianya sudah lebih dari 80 tahun.

Kenyataan yang benar adalah seperti yang dikatakan, “As a man thinketh in his heart so is he.” (Orang akan menjadi seperti yang ia pikirkan tentang dirinya). Kalau dalam usia setengah baya orang berpikir bahwa ia sudah tua, ia akan menjadi seperti orang tua. Namun orang dengan usia tua sekalipun, apabila berpikir bahwa ia masih muda dan mampu, ia akan menjadi orang tua yang berjiwa dan berkemampuan muda.

Semangat, hikmat, kegairahan hidup tidak terdapat dalam tubuh, tetapi dalam batin. Kita harus mempertahankan agar batin kita tetap muda, berapi­api, penuh semangat sehingga saat manusia luar menjadi tua dan pudar, manusia batiniah terus dibarui dari hari ke hari. Hanya orang yang batinnya melekat pada Tuhan yang akan terus menyala­nyala sekalipun tubuhnya semakin tua dan lemah.

Share This Post:
aan

aan

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt

 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC