Surat Pastoral

TRUSTWORTHY

Dapat dipercaya adalah sebuah kualitas karakter yang akan membuat kita mengalami peningkatan dalam segala aspek kehidupan kita. Sikap dapat dipercaya ini bukanlah sikap yang dapat terbentuk dalam satu malam, atau muncul karena penumpangan tangan, melainkan sikap yang dikembangkan dan teruji waktu.

Orang-orang yang dapat dipercaya memang cenderung akan selalu diberi tugas. Namun orang yang dapat dipercaya akan menganggapnya sebagai sebuah kepercayaan, bukan pemanfaatan. Ini terjadi pada Hanani dan Hananya, “Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada Hanani, saudaraku, dan kepada Hananya, panglima benteng, karena dia seorang yang dapat dipercaya dan yang takut akan Allah lebih dari pada orang- orang lain” (Nehemia 7:2).

Namun sekalipun banyak diberi tugas yang seringkali merepotkannya, orang-orang yang dapat dipercaya akan mendapatkan manfaat berikut. Pertama, orang-orang yang dapat dipercaya tidak akan pernah ditempatkan dibawah, melainkan diberi otoritas sebagai pemimpin. Keluaran 18:21 menuliskan “Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang”.

Kedua, orang-orang yang dapat dipercaya banyak tugas, akan membuat dia juga dipercaya banyak berkat. Amsal 28:20 berkata: “Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman”.

Tepatlah pepatah yang berkata, Your Attitude Determines Your Altitude. Sikap kita akan menentukan ketinggian kita. Sikap dapat dipercaya akan membuat kita diangkat tinggi di dalam otoritas dan berkat. Selamat mempraktekkan.

Penulis:Ir. Tommy Simanjuntak,

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC