Surat Pastoral

BACK TO GENEROSITY

Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh orang yang ingin hidupnya bermakna dan menghasilkan buah adalah sikap murah hati. Kemurahan hati yang diberikan Allah kepada manusia melalui anak-Nya, dan kemurahan hati yang harus dilakukan oleh orang percaya kepada sesama manusia tertulis dalam

Yohanes 3:16 – “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Lukas 6:36 – “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

Ada beberapa perbuatan dan sikap yang mencerminkan murah hati yang terakumulasi dalam sebuah tindakan nyata, yaitu:

Murah hati adalah respon atas anugerah keselamatan dari Tuhan.
Murah hati tak berdiam diri saat melihat orang yang membutuhkan.
Murah hati berarti mau terlibat dalam penderitaan orang lain karena tak kuasa meninggalkannya.
Murah hati itu kesediaan untuk menerima dan memaafkan dan memulai dengan sebuah relasi yang baru dengan tidak memperhatikan latar belakang yang dibayangi dendam, sakit hati atau luka batin lainnya. Inilah yang dimaknai bahwa murah hati selalu ada unsur pengampunan.
Murah hati adalah kasih yang ditunjukkan dalam perbuatan.
Murah hati adalah sikap dan tindakan yang tulus, tidak mengungkit-ungkit masa lalu untuk kepentingan sesama.
Murah hati adalah tindakan yang tidak didasari perbedaan ras, suku, agama bahkan politik atau kepentingan pribadi lainnya.

Kemurahan hati yang Tuhan lakukan bagi kita ditunjukkan melalui kelahiran-Nya yang sederhana, tempat yang sederhana, pesan-Nya yang sederhana, dan direspon oleh orang-orang yang sederhana. Lakukanlah seperti yang Tuhan kita lakukan. Kemurahan hati adalah kesederhanaan itu sendiri. Siapapun kita pasti mampu melakukannya. Amin

Penulis:Sohi Luhukay

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC