Surat Pastoral

REBUILD

Tema Gereja kita tahun ini adalah The Year of Renewal (tahun Pembaharuan), dimana kita percaya bahwa Tuhan akan melakukan pembaharuan dalam kehidupan kita.

Hal ini telah dijelaskan melalui Firman Tuhan minggu yang lalu tentang kantong anggur yang baru. Kantong anggur yang baru bukanlah sesungguhnya baru, melainkan kantong anggur yang lama yang direndam dengan air berulang-ulang dan dioleskan minyak zaitun agar menjadi baru dan lentur kembali, agar dapat diisi oleh anggur yang baruk

Hari ini kita akan melihat pembaharuan dari sudut pandang Nehemia yang membangun kembali tembok Yerusalem yang telah runtuh. Bagi kota-kota pada saat itu, tembok adalah sesuatu yang penting sekali untuk menjaga kota dari serangan musuh. Kalau tembok kota itu roboh, artinya kota itu dengan sangat mudah diserang dan dikuasai oleh musuh.

Ada lima hal yang dimiliki oleh Nehemia dalam membangun kembali tembok Yerusalem:

Nehemia memiliki kepedulian atas runtuhnya tembok Yerusalem.
Nehemia mengakui bahwa dirinya turut bersalah atas runtuhnya tembok Yerusalem.
Nehemia memiliki komitmen untuk membangun kembali tembok Yerusalem.
Nehemia memiliki keberanian yang luar biasa.
Nehemia berjaga-jaga senantiasa terhadap serangan musuh.

Sama seperti Nehemia membangun kembali tembok Yerusalem, demikian pula setiap kita wajib membangun kembali kehidupan rohani kita dengan baik. Kita perlu memiliki lima hal yang dimiliki oleh Nehemia agar kehidupan rohani kita mengalami pembaharuan.

Paulus menuliskan kerinduannya untuk jemaat di Kolose agar mengalami kepenuhan Kristus. Paulus berkata: “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur” (Kolose 2:7).Mari Saudara, bangun kehidupan rohani kita dengan baik, karena itulah yang dikehendaki oleh Tuhan agar kita memiliki hidup yang bermakna.

Penulis: Tonny Swardi

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC