Surat Pastoral

MDC Bandung: Mengatasi Tantangan Kehidupan

Pada usia emas bagi seseorang untuk mencapai karir tertinggi dalam hidupnya, yaitu pada usia 39 tahun, Franklin Delano Roosevelt menderita penyakit polio. Baik kawan dan terlebih lawan politik berpendapat bahwa karir politiknya akan habis seiring kelumpuhan yang menderanya.

Tetapi Roosevelt gigih berjuang melawan penyakitnya, gigih berjuang untuk mengatasi tantangan yang tidak mudah untuk diatasi. Istrinya menyatakan, bahwa penyakit polio itu memang bencana, tetapi sekaligus menjadi titik balik baginya untuk menjadi pribadi yang tangguh, dan Tuhan menolong hidupnya untuk dapat mengatasi penyakit polio yang menyerangnya. Roosevelt kemudian memenangkan pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada tahun 1932, saat Amerika Serikat mengalami puncak masa depresi. Salah satu pernyataan yang terkenal pada pidato pelantikannya adalah, "Satu-satunya yang harus kita takuti adalah rasa takut itu sendiri." Presiden Roosevelt berhasil membawa Amerika Serikat memulihkan diri dari masa "Depresi Hebat", dan sejarah mencatat bahwa presiden Roosevelt merupakan satu-satunya Presiden Amerika yang terpilih empat kali.

Peristiwa mujizat di dalam Alkitab seperti yang dituliskan dalam Yohanes 5:1-9 bukanlah sekedar suatu cerita fiksi, bukan sebuah cerita rekaan, bukan dongeng isapan jempol belaka. Tetapi Tuhan tidak hanya melakukan mujizat di masa lalu ketika Yesus sedang berada di tengah dunia. Di zaman sekarang pun kita masih dapat melihat dan mengalami bahwa mujizat, yaitu peristiwa yang melampaui batas-batas hukum alam masih terjadi di sekitar kita. Semua itu merupakan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Tuhan sungguh-sungguh ada dan bekerja sampai hari ini. Tuhan melalui Alkitab memang mengajarkan kebenaran, namun sekaligus juga terlibat langsung dalam kehidupan manusia, antara lain melalui mujizat-Nya. Kuasa Tuhan melampaui tantangan kehidupan manusia, sehingga orang percaya tidak perlu merasa takut ketika tantangan datang dalam hidupnya. Firman Tuhan dalam 1 Kor 10:13 berkata, "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis: Ir. Yusak Toto

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC