Surat Pastoral

MDC Jakarta : QUALITY TIME AND PHYSICAL TOUCH

Selamat hari Minggu Saudara. Tanpa terasa kita telah memasuki minggu terakhir dari bulan Maret 2017. Selama sebulan ini kita telah belajar topik Love is a Verb, dimana kasih harus diwujudkan dan disampaikan dengan bahasa yang tepat, yaitu bahasa kasih dari objek penerima kasih kita.

Saya berharap Saudara dapat melakukan tes bahasa kasih baik secara pribadi atau pun bersama-sama dengan KESAN. Cukup dengan masuk ke link berikut: www.5lovelanguages.com dan ikuti tes yang ada, dengan demikian kita akan bisa mengasihi sesama dengan efektif.

Minggu ini, kita akan membahas bagian terakhir dari bahasa kasih, yaitu bahasa kasih Quality Time (Waktu yang Berkualitas) dan bahasa kasih Physical Touch (Sentuhan Fisik). Berdasarkan pengalaman mengajar dan melakukan tes bahasa kasih, saya mendapati bahwa kebanyakan pria bahasa kasihnya adalah kata-kata yang menguatkan, sedangkan kebanyakan perempuan bahasa kasihnya adalah waktu yang berkualitas dan sentuhan fisik.

Alkitab menggambarkan bagaimana Tuhan memberi waktu yang berkualitas untuk berbicara muka dengan muka dengan Musa di kemah pertemuan (Keluaran 33:9-11) dan bagaimana Tuhan sebagai Bapa memberikan sentuhan fisik berupa pelukan penerimaan kepada anak bungsunya yang sempat terhilang (Lukas 15:20).

Waktu berkualitas yang dimaksud disini bukanlah hanya sekadar kebersamaan, melainkan memberikan waktu yang tidak terbagi-bagi oleh gadget, TV, atau pun pihak lain. Sedangkan Physical Touch yang dimaksud bukanlah sentuhan biasa, melainkan sentuhan yang disertai perasaan kasih. Musuh dari physical touch yaitu nafsu, kekerasan fisik, dan kepribadian atau budaya yang tidak terbiasa mengungkapkan kasih dengan sentuhan.

Kini kita telah memahami seluruh bahasa kasih. Marilah kita mengasihi dengan cara yang tepat, sehingga dunia akan tahu bahwa kita adalah murid-murid Tuhan. Tuhan Yesus memberkati!.

Penulis : Tommy Simanjuntak

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC