Surat Pastoral

MDC Bandung: Menyadari Kelemahan Kita

Salah satu acara reality show televisi yang menarik adalah Kitchen Nightmares yang menampilkan juru masak kelas dunia yaitu Gordon Ramsay.

Di acara tersebut, Gordon Ramsay mengunjungi sebuah rumah makan yang hampir tutup atau hampir bangkrut dan berusaha menolong pemilik rumah makan untuk menjalankan rumah makan tersebut agar dapat bangkit dari kegagalan. Namun yang menarik adalah tidak sedikit para pemilik rumah makan yang tidak menyadari masalah apa yang menyebabkan rumah makan mereka tidak laku. Padahal memahami kekurangan atau kelemahan dari rumah makan merupakan kunci awal untuk mengalami kebangkitan atau pemulihan dari rumah makan tersebut menjadi rumah makan yang ramai dikunjungi orang.

Memang menyadari kelemahan atau kegagalan kita merupakan langkah awal untuk mengalami pemulihan. Oleh karena itu ketika Tuhan memberikan kesempatan kedua dengan melakukan pemulihan di dalam kehidupan kita maka yang perlu kita lakukan adalah menyadari dimana kelemahan kita atau dimana kita jatuh serta bertobat. Di dalam Yohanes 8:3-11 dikisahkan bagaimana Tuhan Yesus memberikan kesempatan kedua bagi seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Perintah Tuhan Yesus kepada perempuan yang berzinah tersebut di ayat 11 sebagai berikut: Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." Dari Firman Tuhan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa sama seperti Tuhan Yesus memberikan kesempatan kedua bagi sang perempuan yang berzinah, demikian juga Tuhan memberikan kesempatan kedua kepada setiap kita dengan bersedia memulihkan kehidupan kita. Langkah penting yang harus kita lakukan adalah menyadari dimana kita jatuh atau melakukan kesalahan serta bertobat daripadanya.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis : Jeffrey Kurniawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC