Surat Pastoral

MDC Bandung: Manfaat Hikmat dari Tuhan

Di tahun 1998, Dr. Andrew Wakefield seorang ilmuwan terpandang memublikasikan sebuah artikel di sebuah jurnal kedokteran bergengsi: The Lancet. Doktor Andrew menyatakan bahwa ada hubungan antara Autisme dengan pemberian vaksin MMR pada anak-anak.

Autisme adalah terjadinya gangguan perkembangan yang memengaruhi komunikasi, perilaku, dan interaksi sosial. Sedangkan Vaksin MMR merupakan gabungan vaksin yang cukup efektif dan aman dalam melawan gondong, campak, dan rubella sekaligus. Namun The British Medical Journal, Jurnal kedokteran bergengsi dari Inggris ternyata menemukan bahwa Doktor Andrew menerima 674.000 US Dollar dari pengacara yang bermaksud menuntut perusahaan pembuat vaksin. Akhirnya Doktor Andrew memalsukan data kesehatan pasien yang digunakan di dalam penelitiannya agar mendukung pernyataannya tentang kaitan autisme dan pemberian vaksin MMR pada anak.

Doktor Andrew mengambil keputusan untuk melakukan penipuan demi sejumlah uang. Dengan kata lain keputusan Doktor Andrew dimotivasi oleh uang yang akan diterimanya. Tidaklah mengherankan keputusan Doktor Andrew yang salah ini mengakibatkan kesulitan bagi dirinya yaitu kehancuran kredibilitas dirinya sebagai seorang ilmuwan. Untuk itulah mengapa kita memerlukan hikmat dari Tuhan. Di dalam Amsal 2:9, Firman Tuhan mencatat sebagai berikut: Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik. Dari Firman Tuhan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa hikmat dari Tuhan bermanfaat bagi kehidupan kita. Manfaat dari memiliki hikmat dari Tuhan adalah membuat keputusan yang tepat yang didasarkan kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran. Keputusan yang didasarkan pada kebenaran, keadilan dan kejujuran akan membawa kita untuk hidup di dalam kebahagaan.

Renungan dan Penerapan


Pokok-pokok Doa

Penulis : Pdt. Jeffrey Kurniawan

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC